Welcome

Welcom to my site! Hope you enjoy to exploring my blog and we can share all about anime, J-Pop, manga, and Japan! ♥

Rabu, 18 Februari 2015

Attack on Titan/Shingeki no Kyojin

WARNING!!

Full of spoiler!!




Yo! Sudah lama tidak berjumpa sepertinya. Dari entri sebelum-sebelumnya, maaf kalau banyak yang tidak terbalas T-T Semakin hari semakin sibuk saja, hehe.





Jadi, kali ini saya mau membahas sebuah anime yang sudah sangat populer dengan judul Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin! Yap, siapa sih yang ga tau anime beken ini? Anime yang sempat merajai per-cosplay-an di tahun 2013. Saya sebenarnya bisa dibilang telat nontonnya saat itu. Tapi, setelah nonton ... langsung jatuh cinta pada anime ini.




Kalau ngebahasa animenya sih pasti sudah banyak yang nonton. Dan kebetulan karena saya saking cintanya sama anime ini, ditambah juga ga kuat nunggu season 2 di tahun 2016 (hiks), jadi saya ngikutin manga-nya deh. yay! Jadi, review kali ini tentang AoT di anime dan dilanjutkan ke manga.

Waspadai spoiler. Kalau masih mau setia nunggu season 2, lebih baik jangan dibaca ><





Attack on Titan adalah sebuah anime yang diangkat dari manga yang dibuat oleh Hajime Isayama. Manganya sendiri sudah terbit duluan dari tahun 2009 dan mendapat adaptasi anime di 2013. Attack on Titan bercerita tentang bumi yang tiba-tiba dipenuhi oleh makhluk titan (raksasa). Entah dari mana datanganya mereka (yang masih menjadi pertanyaan besar sampai saat ini). Yang berbahayanya dari titan adalah, mereka suka makan manusia :( Gara-gara banyak manusia yang dimakan sama titan, para umat manusia yang selamat membuat tembok yang besar dan tinggi untuk memisahkan mereka dari kekejaman para titan. Tembok ini dibagi menjadi 3 bagian. Tembok bagian paling luar adalah Wall Maria, yang di tengah Wall Rose, dan paling dalam Wall Shina. Orang yang tinggal di Wall Shina adalah orang paling penting seperti keluarga kerajaan dan para bangsawan.

Cerita bermula dari seorang anak bernama Eren Yeager yang bercita-cita menjadi Survey Corps (Pasukan Pengintai). Tapi, ibunya menentangnya. Dan Eren memiliki ayah seorang dokter. Pada suatu hari, ketika Eren sedang bersama Armin dan Mikasa, temannya, muncul titan dengan tinggi 60m, melebihi tinggi tembok itu sendiri (50m). Titan yang dinamai Colossal Titan itu kemudian melubangi tembok yang menyebabkan para titan lainnya bisa masuk ke dalam tembok. Karena titan juga ibu Eren mati :( Ketika berusaha melarikan diri, tiba-tiba Wall Maria dirusak oleh titan yang sangat kuat, Armor Titan.

Skip, di masa depan 5 tahun kemudian akhirnya Eren, Mikasa, dan Armin menjadi anggota pasukan. Namun tiba-tiba Colossal Titan muncul lagi, dan kali ini membuat lubang di distrik Trost. Munculnya di depan Eren banget lagi :( Tapi Eren gagal membunuhnya saat itu. Karena lubungan yang dibuat Colossal Titan, banyak titan yang masuk ke distrik Trost. Pasukan berusaha membunuh para titan, termasuk Eren squad. Tapi, Eren dimakan titan untuk menyelamatkan Armin.

Waktu episode itu, agak kaget juga masa tokoh utama mati begitu aja, dengan keadaan mengenaskan: kaki dan tangan buntung, kepala berdarah. Tapi, nyatanya Eren bisa berubah menjadi titan! Nah lho? Salah satu obsesi Eren adalah, dia mau membunuh semua titan di dunia ini, artinya mungkin pada akhirnya dia juga bakal mati XD

Yap, segitu aja review anime-nya.
Jadi, saya mau lanjut ke spoiler sebenarnya! Fakta-fakta yang perlu kalian ketahui di manganya.

Di episode terakhir animenya, kan tiba-tiba tembok retak terus di dalemnya ada muka titan, kirain itu cuma nakut-nakutin doang gitu, kirain bukan ceritanya. Pas baca manganya. ternyata emang beneran ceritanya! Jadi, menurut penelitian Hanji anggota SC yang paling terobsesi dengan titan, tembok-tembok itu emang terbuat dari titan. Bahan pembuatan tembok dan kulit titan yang mengeras (kayak kulit Female Titan) ternyata sama. Dan orang-orang yang tahu bahwa tembok terbuat dari titan itu cuma orang-orang gereja penyembah tembok. Dan orang-orang penyembah tembok itu dulunya adalah penyembah titan ._.

Terus ditengah kebingungan titan di dalam tembok, para anggota SC angkatan 64 ditahan sementara karena dicurigai sebagai titan shifter juga. Masalah baru muncul, tiba-tiba di dalam tembok muncul titan-titan. Baru juga istirahat ngalahin female titan, tiba-tiba tembok bolong lagi masa :(

Saat pasukan lagi sibuk evakuasi rakyat dan ngalahin titan, Hanji, Levi, Eren, Armin, dan Mikasa masih terus nanya pastor gereja penyembah tembok itu untuk ngasih tau kenyataannya. Tapi, pastor itu ga mau bilang dan cuma ngomong hanya ada satu orang yang bisa memberitahu kenyataan ini dan ia adalah Christa. Jadi, Christa itu sebenarnya bangsawan yang dilahirkan  dari anggota kerajaan dan selirnya. Karena dianggap kotor, Christa diasingkan dari kerajaan.

Oke, skip skip sampai sana. Setelah Eren, Mikasa, Armin, Hanji, dkk bertemu dengan Christa dan siap-siap mau pulang, Reiner dan Berthold ngaku kalau mereka itu titan shifter dan mau bawa Eren bersama mereka. Jadi, Reiner itu Armor Titan dan Berthold itu Colossal Titan. Dan akhirnya mereka malah bertarung lagi. Sayangnya, Eren kalah dan malah diculik sama Reiner dan Berthold keluar tembok. Eh lupa, Ymir juga sebenarnya titan yang sudah hidup lebih dari 60 tahun. Membongkar rahasianya demi Christa. Ymir juga diculik sama Reiner dan Berthold.





Anggota SC bersama komandan Erwin ngejar mereka. Masih agak ga jelas kenapa Reiner dan Berrthold itu nyulik Eren. Tapi, kayaknya karena kekuatan Eren. Jadi, Eren punya kekuatan untuk mengendalikan titan-titan lainnya. Karena menyelamatkan Eren, Erwin kehilangan tangannya :(

Yap, lalu kembali ke kota lagi, SC mendapat banyak masalah. Langsung skip aja sampai Eren dan Christa diculik.

Sebenarnya, raja yang sekarang memimpin pemerintahan itu bukan raja sebenarnya.  Kelurga kerjaan adalah keluarga Reiss. Nama Christa yang seebnarnya adalah Historia Reiss.  Jadi, raja selanjutnya harusnya itu Historia.

Eren dan Historia diculik di sebuah tempat. Di sana, Historia bertemu kembali dengan ayahnya. Sedangkan Eren diikat. Fakta selanjutnya, Keluarga Reiss bisa memanipulasi ingatan orang. Makanya manusia engga inget apa yang terjadi waktu dulu, termasuk bagaimana tembok terbentuk. Cuma keluarga Reiss yang tahu. Lalu, ayah Historia membuka kembali ingatan Eren yang termanipulasi.

Kenyataannya, ayah Eren juga titan shifter. Dia tiba-tiba masuk ke gereja keluarga Reiss. Pewaris kekuatan titan di keluarga Reiss itu adalah Frieda. Jadi, ayah Eren dan Frieda bertarung saat itu. Ayah Eren menang dan memakan Frieda sehingga kekuatan titan keluarga Reiss berada di ayah Eren. Kemudian, ayah Eren memakan anggota keluarga Reiss lainnya. Hanya ayah Historia yang selamat. Lalu, ayah Eren menyuntikkan cairan yang membuat Eren menjadi titan. Ketika Eren berubah menjadi titan, Eren kehilangan kendali dan memakan ayahnya sendiri. Sekarang kekuatan titan keluarga Reiss berada di Eren. Itu juga sebabnya ayah Eren menghilang.

Mendengar cerita yang sebenarnya, Historia jadi kesal juga. Ayah Historia meminta Historia menjadi titan lalu memakan Eren, agar kekuatan titan keluarga Reiss kembali ke tempatnya. Dan Eren bersedia saja dimakan karena sudah merasa bersalah T_T

Tapi, Historia tiba-tiba kepikiran, kalau keluarga Reiss dari dulu punya kekuatan titan, kenapa engga dari dulu memusnahkan semua titan? Jawabannya dari ayah Historia, bahwa raja pertama yang menciptakan tembok ini, sebenarnya ingin dunia ini dipenuhi oleh para titan. Dan kemudian, titan itu disebut dewa karena sebagai penguasa dunia. Makanya muncul golongan penyembah titan.

Akhirnya, Historia tidak jadi berubah menjadi titan dan berusaha membebaskan Eren. Tapi, malah ayah Historia yang berubah jadi titan ;(





Nah, itu sedikit rangkuman yang membingungkannya. Cukup dipenuhi spoiler. Sangat menyarankan untuk baca manga-nya! Apalagi sekarang udah terbit di Indonesia, jadi lebih mudah bacanya dan untuk mengapresiasi karya Hajime Isayama, berhubung ga bisa beli DVD-nya :p

Manga ini tuh cape, ga ada istirahatnya banget mereka tuh. Sedikit-sedikit bertarung. Oh iya, jadi yang berbahaya itu sebenarnya titan-titan shifter yang ada di dalam tembok. Salah satu jawaban ada pada mereka. Masih kepo juga sih ada apa di ruang bawah tanah rumah Eren.



Rangkuman ini cuma sampai chapter 66 karena emang kebetulan pas posting ini baru sampai chapter 66. Dan semoga kalau jadi, Attack on Titan Live Action. Katanya, ceritanya original, jadi ga sama banget kayak di anime atau manga. Ga ada Levi T_T

Soundtrack dari anime ini juga enak banget! Memang hebat Hiroyuki Sawano, karya-karyanya selalu sukses! Opening anime yang dibawa Log Horizon juga sanga adiktif XD

Jangan lupa juga mampir baca fanfiction-ku dari fandome AoT ini di sini:

Bullet
The Beginning
Miyuki Moriuchi (Author)

Segitu aja kali ini. Sampai jumpa di post selanjutnya! ^^



4 komentar:

  1. Kenapa ayah eren nyuruh Reiner (armor titan) dan berthold (colossal titan) buat ngehancuin tembok ?

    BalasHapus
  2. grisha jaeger itu berasal dari luar dinding, yg otomatis dia kenal beberapa orang di luar dinding. dia berkelana ke penjuru dunia (dlm kisah) sebagai dokter dan mengobati orang2 sakit sekaligus menjadikan pasiennya sebagai bahan percobaannya dg menyuntikkan cairan titan ke tubuh pasiennya (seperti kasus eren, salah satu pasien dokter jaeger ini desa asal annie, reiner dan bertholdt), setelah itu dia berkenalan dengan keith sadiss yg memintanya untuk tinggal di dalam dinding (distrik shiganshina)

    BalasHapus
  3. AYAH EREN menyuruh reiner dan berthold untuk memperkenalakan manusia akan musuh utamanya karena manusia sudah hidup dalam keserakahan itu pendapat saya

    BalasHapus
  4. Katanya ayahnya sudah mati dimakan eren kok masih bisa nyuruh berthold sama reiner

    BalasHapus